13 Agustus 2017

KASAD Saksikan LatihanTempur Tingkat Brigade di Baturaja

13 Agustus 2017


Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2017 di Baturaja (all photos : Kostrad, TNI AD) 

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono didampingi Komandan Komando, Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dan Kodiklatad) Letjen TNI Agus Kriswanto dan Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menyaksikan puncak latihan antar kecabangan tingkat brigade yang digelar di Pusat latihan tempur Angkatan Darat (Puslatpur AD), Martapura, Baturaja, Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, Sabtu (12/8/2017.



Latihan antar kecabangan dalam wadah Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis 6/TBS Divif 2 Kostrad melibatkan satuan dari berbagai kecabangan jajaran TNI AD sebagai satuan perkuatan yang meliputi satuan tempur, satuan bantuan tempur, satuan bantuan administrasi, satuan intelijen dan satuan teritorial. 


Pada latihan antar kecabangan TNI AD tahun 2017 kali ini mengerahkan 3.300 personel dan berbagai Alutsista paling modern yang dimiliki TNI AD antara lain, Helly MI 35,Tank Leopard, Tank M113, Meriam Artileri medan Astros, Meriam Caesar, Meriam Artileri pertahanan udara RBS 70 serta Alutsista modern lainnya yang dimiliki Angkatan Darat.



Dikatakan Kasad, tujuan latihan antar kecabangan adalah untuk meningkatkan kemampuan tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Brigade dan kerjasama antar satuan/kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran (BTP) melalui penyelenggaraan operasi tempur yang didukung oleh operasi intelijen dan operasi teritorial. Muaranya adalah untuk mewujudkan sinergitas dan interoperabilitas antar kecabangan guna memperoleh daya tempur yang efektif.



“Latihan antar kecabangan Angkatan Darat merupakan satu tahapan latihan yang memadukan kemampuan-kemapuan teknis, kemampuan taktis dan kemampuan tempur dari seluruh kecabangan di Angkatan Darat yang diformulasikan dalam satu brigade pertempuran.



“Harapan kita bahwa latihan ini dapat meningkatkan kemampuan dasar prajurit prajurit saya dalam membantu tugas-tugas kedepan untuk menunjang tugas pokok TNI Angkatan Darat”, ujar Kasad.



Kegiatan latihan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut yang pada puncaknya dilaksanakan latihan antar kecabangan yang disesuaikan dengan doktrin yang berlaku dengan melibatkan berbagai Alutsista baru. Latihan antar kecabangan merupakan latihan yang dilaksanakan untuk memelihara, meningkatkan dan menguji kemampuan antar kecabangan guna mencapai kemampuan standar.



Kasad menegaskan, selaras dengan kebijakan pimpinan TNI AD untuk mewujudkan prajurit yang disiplin, jago tembak, jago beladiri, jago perang dan memiliki fisik yang prima, maka tuntutan perubahan harus dihadapi dengan peningkatan profesionalisme dan tertib administrasi. Dengan demikian latihan harus sesuai dengan realisme, dihadapkan pada tugas operasi yang sesungguhnya agar mampu mewujudkan prajurit TNI AD yang jago perang.



Usai menyaksikan puncak latihan antar kecabangan Angkatan Darat 2017 ini, Kasad mengungkapkan rasa bangganya pada prajurit yang melaksanakan latihan dan berharap latihan ini dapat dijadikan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan tempur perorangan maupun satuan.


Penembakan rudal anti pesawat RBS-70 (photo : Indomiliter)

Puncak latihan antar kecabangan Angkatan Darat tahun 2017 juga disaksikan oleh para Asisten Kasad, Pangkotama, Kepala Badan Pelaksana Pusat Angkatan Darat, para Komandan Brigade dan Komandan Resimen. 

(TNI AD)

65 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. lanjutkan... kalau latihannya di kalimantan utara akan lebih sip...

    BalasHapus
  3. Well well well..TNI has obligation to be Jago® in every aspect..no wonder when other party outside indonesia claim they are good in something..most indonesian will consider that as arogance..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @pedang setan..

      lost your words bro??

      Hapus
    2. Aaahh masih arogan tetangga sebelah yang katanya serumpun tapi selalu bikin ulah di Ambalat dan camar bulan,ujug2 bangun tiang pancang

      Hapus
    3. @zaka

      nahh biasa saja...lebih arogan lagi indonesia®..ketika pernah digelar macan asia..dengan superiority dlm hal militer berbanding negara tetangga yg masih baru merdeka..

      menyerang malaysia dengan dengan alasan konyol..

      mengebom singapore dan membunuh sipil..

      merancang kudeta kesultanan brunei...


      tapi saat organisasi militer australia menghina indonesia® dengan kata " p4nca 9ila"

      apa indonesia® buat??? lawan setanding..malah lebih besar populasi indonesia dibanding ausie..

      menggunakan kekuatan pada lawan tanding yg tak sepadan itu baru arogan...

      mau fair??? harus apple to apple..

      mau jujur??? anda harus belajar paham apa sebenarnya yg di kata seseorang..jangan asal mbacot® gaya orang tolol..

      kurang bijak itu tak mengapa tapi tolol jangan dipelihara bro zaka..




      Hapus
    4. kata siapa????ausie arogan dibalas arogan....ausie hina pancasila kerjasama komando kopassus dan sas ausie langsung di hentikan.....ausie meroyan akhirnya minta maaf dan meminta latihan komando bersama dijalin kembali

      Hapus
    5. Tolol mbacot 'tolol', plagiat bebal.

      Hapus
    6. @sundaldaru

      oh gitu..saya fikir ausie meroyan minta maaf kerana dibom..rupaya kerjasama dihentikan yerrrrrrrr..

      Hapus
    7. @pedang setan

      ada yg salah bro?? atau anda juga sama sperti bro zaka... lain yg orang cakap lain yg difaham..terus hina2 orang..itu kan tolol namanya..

      Hapus
    8. makanya ko tu jangan songlap nanti jadi mangkuk

      Hapus
    9. Indonesia serbu malay n sing krn ingin menjauhkan kepentingan barat...tapi jantan saja tak suka ya serbu,bukan berani curi2 n klaim sana sini krn ada sponsor...tambah senanglah majikan malay n sing. 😀

      Hapus
    10. Jangan lupa, jaga rumah majikan biar nanti dpt 🍌🍌🍌🍌🍌😀😀😀

      Hapus
    11. @abdullah ifx

      maksud menjauhkan kepentingan barat itu apa??

      lempar grenade pada askar melayu lagi yg siap2 mau solat di markas kalabakan??

      atau mengebom mati 2 wanita sipil di singapore??





      Hapus
    12. @abdullah ifx


      jaga rumah majikan??? well,good try bro.... anda begitu juga bro..jagalah tambang emas milik indonesia yg di keruk US..untung2 dapat duit beli beras...tapi kasihan ada yg mati saat menjaga kepentingan barat... :-p

      oh lupa..kepentingan barat yg anda sebut sekarang sudah di halaman srndiri bro..bagaimana rasanya?? tak mau ganyang kah?? kalau kepentingan barat di malaysia..jadi ganyang malaysia..kalau kepentingan barat di halaman indonesia..ganyang indonesia kah?? atau ganyang diri sendiri??

      Hapus
    13. Ap@ alasan konyol,sudah jelas kok alasannya dwikora di gelar Indonesia anti Inggris,.

      Merancang kudeta Brunai... kasih ane link dong tentang peristiwa itu

      Sama Susie latihan kerjasaama militer kita di hentikan kok waktu ada kasus itu dan Aussie minta maaf..

      Kemana aja ente tinggal di goa ea

      Hapus
    14. Abdullah@ dulu waktu kita lemah kita di ganggu di Ambalat,klaim camar bulan..masang tiang pancang,,kapal kita di tabrak.apa itu gak arogan?
      yang konyol itu ada kapal cosgard cina,.nongkrong di wilayahnya tapi pura2 gak tau itu konyol tingkat dewa

      Hapus
    15. @zaka


      memang Mal & Sin itu wilayah kekuasaan IND???? seenaknya mau ngatur kebijakan negara lain itu kenapa??

      anti inggeris tapi lempar grenade pada askar melayu yg mau solat..mengebom wanita sipil di singapore..anti inggeris omong kosong...

      mau link kudeta brunei?? anda itu tak tau cari sendirikah?? masa sudah tua mau di suap seperti anak kecil..tak tau berdikari kah??

      kerjasama militer dihentikan itu bukan persoalan..yg jadi persoalan IND sudah dihina segitu..masa cuma kerjasama dihentikan..kalau sama MAL & SIN yg lemah & kecil..terus mau diganyang..kalau sama Ausie yg laean sepadan..halah..cuma segitu tindak balasnya

      Eh bro..Kudeta brunei itu sudah jadi pengetahuan umum sebagai titik awal kepada peristiwa ganyang malaysia..masa anda tak tau??? kemana saja anda itu?? anda sebenarnya nih yg baru keluar dari gua..tapi bermuka tembok masih juga mau mengolok olok kan orang..percuma meladeni anda yg gak punya mutu di bawa diskusi..apalagi debat...

      saya saran pada bro..lain kali jangan menyibuk lah..anda itu hobinya lari/sembunyi kalau sudah malu alah..tak berani nongol utk kasi penjelasan..

      Hapus
    16. @zaka

      coast guard china??? itu biasa saja...wajarlah negara kecil takut sama negaa superpower..

      coast guard vietnam??? luar biasa..bukan saja nongkrong di halaman negara jago® malah personil coast guard negara jago® diculik ke vietnam..negara jago cuma mampu mangap aja..gak berani berbuat..komentar2 pemerintah pun tak ada ketegasan..maunya diplomatik diplomatik... kalau Mal & Sin yg bukan jago itu wajar pakai diplimatik..ini negara besar..bangsa besar...jago lagi...

      Hapus
    17. wuiii jadi mana lagi yg mao di tenggelemin om anakeroan haha!

      bu susi gak sabar nech haha!☠️☠️☠️☠️😆😆😆😆😆

      https://www.youtube.com/watch?v=m9WcR0iKgC0

      Hapus
    18. uda gak jaman ganyang segala,skrg jamannya kamu macem2 guwe "tenggemin" cuy haha!
      ama atu lagi pisang haha!tung tung tung🔨🔨🔨

      mup on aje wan...don luk bek,xlalu kedepan

      ☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️☠️
      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    19. Ap@ nah ini oranv pekok,..emang malay dan sin bukan jajahan inggris?
      Kan sudah ane tulis di atas indonesia waktu jaman soekarno anti inggris,..

      Yaa namax perang pasti ada korban sipil,..coba deh sebutkan perang yang gak pernah ada korban sipil,.?

      Itu kan omongan ente,wajar ane minta bukti..ente gak usah ngeles..bilang aja,..kalau omongan ente ngawur dan gak bisa di percaya...

      Mau seperti apapun tindakan yang di ambil indonesia yang terpenting "ausie sudah minta maaf"




      Hapus
    20. Ap@ ohh takuutt ea..keliatan sih.. Padahal sudah di depan mata masih pura2 gak lihat,..

      Kalau kecina gak berani..
      Tapi kalau ke indonesia berani gitu? Beraninya pilih2 ea...hihihihi

      Aaaah gak ap2 sih lagian itu aparat sipil kok dan sudah di balik ke indonesia,..
      Kapal nelayan vietnam tetap di bawa ke indonesia dan di tenggelam kan...

      Hapus
    21. Ap@ http://m.tribunnews.com/amp/internasional/2017/07/29/vietnam-protes-kapal-tni-al-tembak-nelayan-vietnam-di-laut-china-selatan

      Hapus
    22. @zaka

      saya bukan tolol seperti anda..point anda..IND zaman seokarno anti inggeris..tak ada salahnya point itu tolol..
      yg saya bantah..anti inggeris tapi kenapa sasarannya..

      1.askar melayu yg siap2 mau solat di kalabakan...
      2.bangunan sipil di singapore yg membunuh 2 wanita sipil tak berdosa..


      apa kaitan mengebom askar mau solat & 2 wanita sipil dengan inspirasi anti inggeris??? anda pakai logika mana???? lu kira perang ganyang malaysia itu seperti perang vietnam?? perang ganyang malaysia itu bukan begitu..IND xuma mengirim kelompok2 kecil yg punya misi berbeza..melakukan teror,mewujudkan chaos & sabotaj...tapi sasarannya konyol.. tidak ada lokasi stratrgik milik inggeris yg terancam...



      Hapus
    23. @zaka

      omongan saya ngeles,ngawur??? soal apa?? kudeta brunei???

      halah bro..kan sy sudah kata..kudeta brunei itu sudah jadi pengetahuan umum titik awal ganyang malaysia...kalau namanya pengetahuan umum..anda tak perlu ke library cari buku bacaan..ketik kudeta brunei di google search pasti ketemu...

      saya enggn kasi link sebab ianya pengetahuan umum..tertulis dwi bahasa...banyak sumber..hanya si tolol dan banci seperti anda yg takut menghadapi kebenaran...

      Hapus
    24. @zaka

      saya tak pernah kata alasan membiarkan coastguard china itu sejati kerana takut...yg sy kata wajar kalau alasannya takut/tak berani... kan beda tuh...

      dengan geopolitik asean sekarang..hanya 2 jenis orang yg mengakui bahawa insiden coastguard china dimalaysia itu adalah sebuah konflik..jenis orang itu....

      1.sekutu US & barat
      2.orang tolol seperti anda


      berani pilih2....hahaha kan terserlah betapa tololnya anda...apa anda akan melawan anjing & harimau dengan keberanian yg sama???

      malaysia itu kekuatan sdm nya cuma 1/3 dari 1/10 kekuatan sdm china..jelaslah betapa kecilnya malaysia...skrg kita lihat konsep pilih2 negara jago..

      sama malaysia berani..sama australia?? padahal australia itu sdm nyala lebih kecil dari negara jago® dan bukan termasuk negara superpower..

      negara jago tapi beraninya lebih pilih pilih...wakakakakaka


      nagku saja..negara jago beraninya sama negara kecil2 aja..ya kan??? makanya freeport untung besar di negara jago...


      Hapus
    25. Ap@1. mau lagi apa kek,..kalau perang ea perang..dimana ada musuh ea di hajar,..
      2. Yang namax perang pasti ada korban sipil..
      Tolong sebutkan di mana perang yang tidak ada korban sipil?
      Malaysia kemerdekaan di kasih inggris kan,bukan merdeka dengan melawan inggris,.berarti malaysia antek antek inggris(menurut indonesia jama soekarno)
      Strategi mah apa aja itu pemikiran pertinggi dulu..

      Hapus
    26. Ea udah kasih ane link,... Kalau gak mau ente di sebut tukung bohong...

      Hapus
    27. Ap@ logika ente somplak apa gimana,..tak berani sama takut itu beda....hahahaha
      Pantes kapal cina di biarin dan sering nyelonong ke. Ambalat claim camar bulan,teryata belum bisa baca peta..hahahaha
      Emang harus perang? Bisa kirim nota protes,..atau apa lah jangan malah diem pura2 gak lihat..ketahuan pengecutnya..hahaha
      Masak kalah sama vietnam

      Indonesia berani kok toh buktinya australia minta maaf sama indonesia..

      Negara jago ini paling tidak masih berani nangkap kapal nelayan cina meskipun di kawal caostgard mereka..dari pada negara yang katanya jaguh..tapi pura2 gak lihat,padahal sudah ada di depan mata.hahahaha

      Hapus
    28. Ap@ kok malah ke freeport segala..
      Ayoo mana link yang ente bilang "merancang kudeta kesultanan brunai"?

      Hapus
    29. @zaka

      nah..bukti tololnya anda kerana mengada-adakan statement yg saya tak pernah kata..


      bila saya kata TAK BERANI dan TAKUT itu beda??? tolong buktikan...


      saya kata beda antara..

      meng "IYA" kan insiden itu SEJATINYA terjadi disebabkan takut/tak berani

      dan

      mengakui adanya "KEWAJARAN" insiden itu berlaku disebabkan takut/tak berani..

      kerana yg mengatakan kejadian itu berlaku kerana malaysia takut dengan china adalah anda..sedangkan saya tak pernah mengakuinya alasan takut itu..TAPI kalau itu memang terjadi kerana takut/tak berani..ya masih ada kewajarannya kerana malaysia itu terlalu kecil dibanding china..

      Hapus
    30. @zaka

      Alasan anda kan ANTI INGGERIS?? apa logikanya melancarkan perang "anti inggeris" setelah kemerdekaan malaysia bukan sebelum?? ditambah dengan sasaran memang di sengajakan disasarkan kepada masyarakat??

      sudah jadi pengetahuan umum operasi ganyang malaysia sejati disebabkan MENENTANG PENUBUHAN FEDERASI MALAYSIA..bukan kerana anti inggeris..klu alasan anti inggeris,pasti seokarno sudah melancarkan perang sebelum malaysia merdeka..goblok !!!! ini nanti saya akan bahas kalau anda berminat utk debat isu "kudeta" brunei..





      Hapus
    31. @zaka

      "pura2 gak lihat ketahuan pengecutnya"

      wah...super sekali analisisnya orang dari negara jago..

      ok fine..saya pegang point anda itu..sekarang jelaskan indikator2 yg bikin anda yakin malaysia pura2 gak lihat kerana pengecut..saya pengin tau sejauh mana hebatnya analisis orang dari negara jago...

      klu menurut pandangan saya pada situasi semasa regional...yg pengecut itu malah negara jago..

      hahahaha...kirim nota protes & minta maaf itu tanda indonesia berani??? dengan hinaan "resmi" begitu???

      lebih berani singapore kalau gitu..isu asap yg cuma bencana aja mereka protes kok..presiden negara jago juga minta maaf ke negara secuil...wakakakakaka...


      Hapus
    32. ap@ ini kan posting ente apa ente amnesia,pura2 begok? gmn mau diskusi dengan benar laah postingan sendiri aja gak diakuin,..

      @zaka

      nahh biasa saja...lebih arogan lagi indonesia®..ketika pernah digelar macan asia..dengan superiority dlm hal militer berbanding negara tetangga yg masih baru merdeka..

      menyerang malaysia dengan dengan alasan konyol..

      mengebom singapore dan membunuh sipil..

      merancang kudeta kesultanan brunei...


      gmn mau diskusi dengan benar laah postingan sendiri aja gak diakuin,..
      laah ente minta bukti? pertanyaanku aja gak km jawab,.

      artikel tentang dwikora
      https://saatsantai.com/isi-dwikora/

      Hapus
    33. ap@sudah jawab dulu pertanyaan ane mana link atau artikel yang kata ente inonesia merancang kudeta kesultanan brunai?

      biar gak kayak diskusi sama tembok....

      Hapus
    34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    35. @zaka

      aneh si tolol ini..saya tak mengakui postingan sendiri?? point yg mana lol??


      point: menyerang dgn alasan konyol???

      point: mengebom wanita singapore???

      point: kudeta brunei???

      Hapus
    36. @zaka

      mau link cari sendiri lah tolol...kita bukan pertama kali debat begini.. saat saya minta link saat diskusi sebelumnya..anda juga maksa saya cari sendiri kok??? nah sekarang anda juga cari sendiri...


      Realiti sultan brunei itu memang mau dikudeta oleh militan yg dilatih "indonesia"...dengan alasan menentang pembentukan malaysia..

      Hakikat..syarat menyertai malaysia:

      1.sultan brunei harus membayar tinggi pajak petroleum pada kerajaan pusat malaysia.

      2.kedudukan sultan brunei adalah paling rendah di antara 10 sultan..

      2 point diatas adalah sebab sultan brunei menolak bergabung malaysia.

      sedangkan militan bentukan negara jago menyasarkan utk menangkap sultan brunei..sultan brunei terpaksa meminta bantuan dari england utk melawan militan bentukan negara jago..


      Hapus
    37. @zaka

      upaya utk menjatuhkan sultan brunei sudah pernah terjadi sebelum tahun 1940(sebelum negara jago merdeka lagi)..ada upaya para nasionalist utk mengecap demokrasi bukan monarki..

      dan sebelum berlaku ganyang malaysia(sebelum tahun 60an)..presiden negara jago sudah punya "mimpi" mau menguasai seluruh tanah2 di sabah/sarawak/brunei..bahkan juga semenanjung...sebab itu dia menentang pembentukan malaysia..bukan kerana inggeris..tapi mimpi mewujudkan sebuah kekuasaan greater ind...

      menentang pembentukan malaysia atas alasan anti inggeris hanya alasan bodoh... hakikatnya,presiden negara jago sudah ada perancangan rahsia mau menguasai borneo utara dengan menyusupkan militan...para militan brunei itu adalah pendukung nasionalisme yg mau brunei di perintah secara lebih demokrasi..bukan sultan...




      Hapus
    38. Ap@ mana linknya kredibel ??Yang bilang bilang Indonesia perencana kudeta?
      Ane gak butuh pendapat ente,..karena pendapat ente gak bisa di percaya,. Post sendiri belum 1minggu sudah gak di akuin padahal nulis sendiri,....hahahaha

      Hapus
    39. Ap@
      mana linknya??Yang bilang bilang Indonesia perencana kudeta?
      Ane gak butuh karangan ente,... Post sendiri belum 1minggu sudah gak di akuin padahal nulis sendiri,....hahahaha

      Hapus
    40. @zaka

      anda itu yg tolol..anda kata saya tak mengakui postingan sendiri..padahal yg saya tidak akui itu..

      "soal takut & tak berani itu beda"

      Jelaslah memang saya tak pernah kata bahwa takut & tak berani itu beda...

      tapi anda itu pahamnya ke isu lain..itu bukti anda tolol..

      Hapus
    41. @zaka

      omongan saya sendiri?? lah..anda fikir saya dapat informasi hasil research saya sendiri?? pastilah dari sumber kredibel..termasuk dari kajian universiti brunei..

      kekacauan yg terjadi tahun 60an itu disebabkan "militia menentang ikutnya brunei dalam pembentukan federasi malaysia"

      padahal sebelum terjadinya kekacauan itu..Royal dutch shell(perusahan milik inggeris-belanda) di brunei sudah mengkhabarkan penemuan baru blok petroleum di brunei..khabar ini telah menguatkan lagi alasan untuk sultan brunei tidak ikut serta federasi malaysia..

      jadi alasan apa militia bentukan negara jago mahu "capture" sultan brunei????

      kumpulan militia itu mahu penubuhan 1 federasi baru yg menggabungkan sabah/sarawak/brunei di bawah kekuasan raja mereka sendiri..inikan "cita-cita" presiden negara jago...





      Hapus
    42. @zaka

      sultan brunei sendiri telah menulis sebuah buku yg terjual di pasaran yg menceritakan kenapa dia menolak untuk ikut serta federasi malaysia..

      kalau militia yg membuat kekacauan ini punya alasan yg sama(menolak brunei ikut serta federasi malaysia).mengapa harus meng "capture" sultan brunei..hingga tercetus perlawanan antara militia dan pendukung setia sultan brunei..apa bila kekacauan semakin parah..sultan brunei terpaksa meminta bantuan tentera britain yg bermarkas di singapore..
      militia ini di ketuai seorang politisi nasionalis yg dilatih di negara jago..malah negara jago menyumbangkan sejumlah senjata untuk kumpulan militia ini..setelah kumpulan militia di tumpaskan tentera britain,politisi ini lari ke negara jago..

      kekacauan yg berlaku di brunei...persis sama dengan revolt yg berlaku di sumatera..dimana para sultan & kerabat raja dibunuh oleh gerakan anti intitusi beraja..dengan tiada intitusi beraja di sumatera..tiada lagi penentangan berarti terhadap pemerintah pusat dijawa yg berkuasa penuh keatas sumber2 di sumatera...

      Hapus
    43. AP@ ea mana sumber kredibel yang ente baca? Ane pengen tau..
      kasih tau link...
      Giliran di minta link muter2...

      Hapus
    44. @zaka

      hahaha..muter2 ??


      lu masih ingat saat kita diskusi soal brimob & skill perang hutan???

      saya juga pernah minta link kredibel yg menunjukkan brimob menjalankan skill perang hutan...anda juga muter2 gak mau kasi link..soalnya lebih banyak sumber dari indonesia yg mengatakan brimob belum ada skill perang hutan..anda saja yg goblok gak tau..

      beda dengan saya...isu brunei itu ada..cuma anda harus cari sendiri..kalau anda tolol ya pasti tak jumpa....

      Hapus
    45. Ap@ gak usah di bawa kemana2 dan cari bahasan lain..
      Mana link?
      Kalau beneran omongan ente,...
      Bilang aja kalau ente gak bisa membuktikan omongan ente..
      Berarti omongan ente selama ini "sampah"

      Hapus
    46. Ap@ untuk masalah brimob sudah ane kasih link plus2 foto dari "antaranews" tentang operasi tinombala brimob di situ sudah jelas bahwa brimob ikut operasi tinombala,.
      Mau diskusi lagi ayoo monggo tapi buktiin dulu omongan ente tentang rencana kudeta kesultanan brunei?
      apa formil malaysia begitu...Selalu ngomong tanpa bukti

      Hapus
    47. @zaka

      anda kasi foto brimob berada di hutan utk bisa buktikan apa tolol???

      di malaysia RELA pun bisa operasi di hutan...

      tapi saya bisa kasi anda bukti kukuh kredibel yg membuktikan polisi malaysia punya skill perang hutan..sumber dari US tentang polisi malaysia juga sy bisa kasi..masa anda cuma kasi bukti pakai gambar segitu..dimana kredibility nya???

      jelas media2 indonesia sendiri mengakui brimob tak punya skill perang hutan...malah petinggi polisi indonesia sendiri mengakui..sebab itu polisi minta TNI melatih brimob utk ketrampilan perang hutan..

      jelas yg omong kosong itu anda tolol...sudah lah tolol sok tau pula..

      Hapus
    48. @zaka

      Gini aja bro...di bawah ini saya copy news dari aktual.com media dari negara anda..buktikan kalau berita ini salah..ayo monggo saya cabar kalau anda bukan pengecut..


      Jakarta, Aktual.com — Mabes Polri menyatakan bahwa permohonan permintaan kepada TNI hanya untuk pelatihan bersama kemampuan personel Brimob dalam Diklat Raider, di Pusdiklat Kopassus, Batujajar, Bandung.
      “Untuk rencana pelatihan itu, bukan minta dilatih tapi latihan bersama,” jelas Kepala Bagian Penerangan Umum Div Humas Polri, Kombes Suharsono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (28/7).
      Menurut Suharsono terkait permintaan untuk latihan bersama itu, Polri tidak meminta seluruh kemampuan yang dimiliki kesatuan Raider untuk diberikan kepada personel Brimob, melainkan hanya sebagian kemampuan dasar seperti teknik bertahan dan bertempur di hutan belantara.
      Suharsono, mengakui bila Brimob tak memiliki kemampuan untuk berperang di dalam hutan dan hal itu sangat dibutuhkan dalam pengejaran teroris seperti kelompok Santoso yang bermukin di kawasan hutan Poso, Sulawesi Tengah.
      “Bukan kemampuan Raider yang diberikan seluruhnya, tapi hanya sebagian yang ingin atau ditransfer, yang dibagi, misalnya teknik pengejaran di hutan, kita enggak punya itu,” kata Suharsono.
      Sebelumnya Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, guna meningkatkan kemampuan tempur anak buahnya, ia mengajukan permintaan kepada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo agar melatih Brimob Polri.
      Karena itu, untuk melakukan pengejaran dan penegakan hukum di wilayah seperti hutan akan dilakukan oleh Brimob yang rencananya berlatih bersama oleh Kopassus.
      “Bukan untuk perang, ini untuk penegakan hukum, terorisnya ini ada di hutan ya kita harus punya kemampuan itu. Yang bisa punya kemampuan itu Kopassus, itu item-item materi yang kami mintakan,” jelas Badrodin.

      Hapus
    49. @zaka

      berita diatas dibuat tahun 2015....iaitu saat operasi tinombala...pas dengan debat kita yg lalu berkaitan operasi di poso itu..

      Tiada keahlian perang hutan dalam satuan brimob jadi sebab mengapa operasi gabungan dengan satuan khusus TNI dilakukan..padahal satuan brimob punya anggota puluhan ribu..

      Nah sekarang buktikan berita diatas salah sama sekali...kalau anda bisa,saya akan kasi link mengenai kudeta brunei...ayoo monggo saya cabar anda...jangan bimbang..saya pasti akan kasi link itu mrmandangkan anda itu terlalu tolol utk mencari informasi tanpa mengharap orang lain...

      Hapus
    50. @zaka


      isu brimob tidak punya keahlian perang hutan sat operasi timobala & brimob meminta dilatih di pusat latihan baju jajar banyak di angkat jadi topik diskusi..tiada 1 pun forumer indonesia yg menafikan kebenarannya.cuma ada isu timbul terkait kewajaran brimob di kasi ilmu perang hutan...

      anda saja yg tak mau mengakui....aneh...bukti anda itu si tolol yg sok tau..tapi hobi anda itu mengolok olok kan orang lain...gak tau diri..


      ayoo monggo...buktikan berita itu tak pernah wujud..salah sama sekali...buktikan anda lebih tau dari orang indonesia lainnya...

      Hapus
    51. Ap@ lah ente mau ngalihin topik?
      Jawab dulu....pertanyaannya. Entah mau lari ea.....gimana mau diskusi dengan di tanyak malah ngalihin pembicaraan
      Apa memang semua omongan ente cuman sampah...

      Hapus
    52. Ap@ aneh kasih video

      https://m.youtube.com/watch?v=i4LXmocnss4

      Hapus
    53. Ap@ menit terakhir dan https://m.youtube.com/watch?v=c7i49l2JXpg

      Ini dari berita

      Tapi jawab pertanyaan ane, jangan mengalihkan pembicaraan terus

      Hapus

    54. https://m.youtube.com/watch?v=8ck0a3_dP_I

      Dari kompas

      Hapus
    55. @zaka


      wow...speechless bila lihat forumer negara jago mengandalkan youtube sebagai sumber kredible...pengalaman saya kali pertama ni...

      sudah lah kalau anda tak bisa membuktikan apa2...bukti anda itu omong kosong...sok tau & muka tembok..pintarnya sebut sumber kredibel lah apa lah..diri sendiri cuma pakai youtube...hahahaa...

      saya cuma minta anda buktikan bahwa mabes polri tak pernah memberi statement seperti di berita aktual.com..itu saja..mengapa bagi link video yg tak kredible bertarikh 2016 pula...

      sudah akui saja yg brimob tak punya keahlian perang hutan..itu sebabnya satuan khusus TNI diturunkan utk memburu santoso...


      kalau anda mau akui itu..saya akan bagi link kudeta brunei..hahaha...ayo monggo...saya sudah bagi jlan mudah buat anda..tinggal diakui saja..jangan keras kepala..ayoo monggo....

      Hapus
    56. @zaka

      gak usah sudah buktikan soal brimob..saya sudah penat tunggu sumber kredibel dari anda..cukup anda akui brimob tidak punya skill perang hutan waktu operasi tinombala itu sudah memadai...saya akan kasi link kudeta brunei itu...hahaha...kalau mabes polri saja akui fakta,mengapa saya perlu mendengar arguement anda kan?? anda itu bukan siapa-siapa...


      ok...akui saja...saya akan kasi link...lebih cepat anda akui..lebih cepat saya kasi link...nanti kita liat siapa yg suka omong kosong...cepetan ya...link kudrta brunei dari sumber kredibel hasil pebelitian akademisi universiti brunei yg saya akan kasi...bukan karangan saya..bukan karangan malaysia,bukan karangan barat yg mungkin akan dinilai bias atau rekaan...ayoooo monggoooo...kalau anda mau akui..biar mudah cerita..kita bisa tutup bicara soal brimob dan fokus ke kudeta brunei


      Hapus
    57. ap@ hahahha kita selasai dulu bahasan kita di atas,... baru ke brimob,.. mana buktinya yang katax dari sumber kredibel tapi waktu di minta malah ngebahas yang lain,ngalihin pembicaraan,. apa tipikal formil malaysia begitu semua suka ngeles kayak bajaj

      Hapus
    58. ap@ ayoo mana linknya kalau ente memang ada yang mengatakan"merancang kudeta kesultanan brunai"
      biar kita lanjut tentang ke brimob...
      jangan ngalihin pembicaran,masak formil malaysia gitu ngomong tanpa bukti

      Hapus
  4. tu sebenarnye punye malaysie...cume rahasia jer kena pinjam indon

    BalasHapus
  5. Mana bisa untuk capai tahap MENDUNIA®.. gak ada yang mampu untuk capai..kiranya tahap SUPER..itu biasa-biasa sahaja.. dimana-mana boleh jumpa..tapi!! MENDUNIA® hanya ada 1 sahaja....

    BalasHapus
  6. wah syh sph109 ama sherpa blom diturunin masih ada latgab 2017, moga2 bisa turun ama apache

    BalasHapus